07 December 2017 / Renungan Harian

Mengenal Kasih Setia TUHAN


media

Mengenal Kasih Setia TUHAN

Hosea 6:1-6

"Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi." (Hos. 6:3)

"Janji-Mu s`perti Fajar pagi hari/ Dan tiada pernah terlambat bersinar/ Cinta-Mu s`perti sungai yang mengalir/ Dan kutahu betapa dalam kasih-Mu." Demikian refrein lagu "Janji-Mu S`perti Fajar Pagi Hari" yang sangat indah.

Lagu itu senada dengan kerinduan Nabi Hosea agar umat mau bertobat dan makin mengenal Allah yang kasih setia-Nya tidak berubah kepada umat-Nya. Hosea menggambarkan Allah seperti fajar sebab Hosea hendak berbicara tentang kasih setia Tuhan. Tuhan tidak pernah ingkar janji; Janji-Nya pasti digenapi. Ia pasti akan datang dan menolong umat-Nya sama seperti fajar yang pasti datang membawa terang dan mengusir kegelapan.

Nabi Hosea juga menggambarkan Allah seperti hujan yang mendahului datangnya musim semi. Air dari musim penghujan akan mengairi bumi sehingga bumi menumbuhkan benih tanaman yang kemudian siap dipanen. Hasil panen itu akan memenuhi lumbung-lumbung. Artinya, berkat dan kasih setia Allah akan terus tersedia dari musim ke musim.

Sungguh indah jika kita menyadari kasih setia Tuhan, terlebih tatkala kita sedang merasa putus harapan atau musim kehidupan kita terasa kering kerontang. Menyadari Tuhan yang setia akan sungguh menjadi secercah cahaya yang menerangi jalan kita; bagaikan oase di tengah gurun kering, yang memberi kita kesegaran dan kekuatan untuk terus melangkah di dalam iman.

 


Doa:

Tuhan, sadarkanlah kami akan kasih setia-Mu sehingga iman kami makin dikuatkan. Amin.

 

Mzm. 85:2-3, 9-14; Hos. 6:1-6; 1Tes. 1:2-10

Latest ARTICLE