18 October 2017 / Renungan Harian

Mengerjakan Percaya


media

Mengerjakan Percaya

Yohanes 6:25-35

"Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah." (Yoh. 6:29)

Saat bertegur sapa, orang Belanda akan mengucapkan "wat doe je?" yang artinya "apa yang sedang Anda kerjakan?" atau "sedang apa?" Jika pertanyaan tersebut ditujukan kepada Anda, apakah jawaban Anda? Apa yang sedang Anda kerjakan? Memasak? Pergi ke kantor? Mengurus anak? Atau lainnya? Semua pilihan jawaban itu adalah hal-hal yang kita anggap sebagai "pekerjaan", sesuatu yang kita kerjakan. Namun, apakah percaya kepada Tuhan merupakan sesuatu yang harus kita kerjakan? Jawabannya adalah Ya!

Contoh sederhananya adalah seperti belajar berenang. Rasa takut tenggelam merupakan penghalang terbesar sehingga banyak orang enggan untuk berenang. Ketika Anda belajar renang, akan ada kesempatan ketika sang guru mengambil jarak dan berdiri beberapa meter di depan Anda. Kemudian ia akan meminta Anda maju berenang ke arahnya. Untuk pertama kalinya, Anda diminta untuk berenang seorang diri. Bagi orang yang belum bisa berenang, jarak yang sangat pendek itu adalah tantangan yang sangat berat. Itu tantangan untuk belajar percaya bahwa Anda tidak akan tenggelam dan Anda bisa berenang! Pada saat-saat krisis seperti itulah, Anda harus berjuang keras untuk percaya.

Tuhan juga memakai saat-saat krisis seperti itu untuk mengembangkan iman kita. Ketika kita seolah-olah seorang diri menghadapi tantangan berat, sebenarnya Tuhan sedang mengajar kita untuk "mengerjakan percaya" itu.

 


Doa:

Tuhan, kami ingin berkembang melalui krisis dalam kehidupan kami. Amin.

 

Mzm. 34; Kid. 7:10 - 8:4; Yoh. 6:25-35

Latest ARTICLE