23 March 2018 / Renungan Harian

Mengingat = Mengerjakan


media

Mengingat = Mengerjakan
Filipi 2:12-18

… karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir …. (Flp. 2:12)

Dalam kekristenan, mengingat mempunyai tempat penting dalam penghayatan iman. Mengingat bukan sekadar bernostalgia tentang masa lalu, melainkan menghadirkan kembali masa lalu itu di masa kini. Misalnya, mengingat karya keselamatan Kristus berarti menghadirkan kembali karya Kristus itu dengan mengerjakan keselamatan yang diterima di masa kini.

Paulus mengingatkan jemaat Filipi untuk mengerjakan keselamatan mereka. Kristus telah menyelamatkan mereka. Maka, dengan percaya kepada Kristus, mereka perlu mengaktualkan keselamatan itu dalam kehidupan sehari-hari. Iman kepada Kristus yang menyelamatkan harus nyata dalam perbuatan. Iman tanpa perbuatan adalah mati. Keselamatan yang telah diterima harus dikerjakan dengan tekun disertai rasa hormat kepada Allah. Sebab, Allah mengerjakan keselamatan manusia bukan dengan cara-cara murahan, melainkan dengan pengurbanan Yesus Kristus. Dengan mengingat karya Kristus itu, jemaat semestinya gentar dan taat mengerjakan keselamatan yang telah dikaruniakan Allah.

Dalam menjalani Minggu Prapaskah ke-5 dan menyongsong Minggu Palem atau Palmarum, kita diajak untuk mengingat dan menghayati karya Kristus. Ia mengurbankan diri-Nya demi keselamatan kita. Dengan mengingat-Nya berarti kita mau menghadirkan karya keselamatan dengan mengerjakannya dalam kehidupan kita.



REFLEKSI
:
Kasih dan karya keselamatan Kristus menggerakkan kita untuk berbuat.

Mzm. 118:1-2, 19-29; Yer. 33:1-9; Flp. 2:12-18

Latest ARTICLE