31 May 2018 / Renungan Harian

Mengingat Dengan Benar


media

Mengingat Dengan Benar
Mazmur 81:2-11

Janganlah ada di antaramu allah lain, dan janganlah engkau menyembah kepada allah asing.” (Mzm. 81:10)

Kita senang mendirikan monumen untuk memperingati sesuatu yang kita pandang berharga dan kita ingin selalu diingat oleh anak cucu kita di sepanjang masa. Peristiwa kemerdekaan, perang untuk menentukan nasib bangsa, atau deklarasi pernyataan penting adalah contoh hal yang kita pandang penting untuk diingat.

Pemazmur juga mengingatkan umat Allah akan peristiwa ketika Allah membebaskan mereka dari tanah Mesir dan membawa mereka melalui padang gurun yang ganas hingga mereka sampai di Tanah Perjanjian. Tujuan dari peringatan ini adalah supaya bangsa Israel dari generasi ke generasi senantiasa ingat pada Allah yang dengan kuat kuasa-Nya telah menolong mereka. Dialah satu-satunya Allah yang seharusnya dan selayaknya ada dalam kehidupan umat-Nya. Tidak boleh ada allah yang lain.

Dalam kehidupan kita pun, ada banyak peristiwa di mana Allah menolong dan membebaskan kita. Itulah peristiwa-peristiwa yang layak dimonumenkan supaya kita dan anak cucu kita mengingatnya, terutama ketika kita berada dalam kesesakan. Kegelapan dan masalah dalam hidup memang bisa dengan mudah membuat kita lupa pada kasih setia dan pertolongan Tuhan. Ketika kesesakan datang, kita dengan mudah tergoda pada allah-allah lain yang kita anggap bisa menolong kita dan kita lupa pada Allah sejati yang justru sudah terbukti menolong kita.


REFLEKSI:
Kala kesesakan datang melanda, hal yang perlu kita lakukan hanyalah mengingat kasih setia yang sudah ditunjukkan Tuhan dalam hidup kita.

Mzm. 81:2-11; Kel. 31:12-18; Kis. 25:1-12

Latest ARTICLE