07 August 2017 / Renungan Harian

Mengingat Kebaikan TUHAN


media

Mengingat Kebaikan TUHAN

Ulangan 8:1-10

"Dan engkau akan makan dan akan kenyang, maka engkau akan memuji TUHAN, Allahmu, karena negeri yang baik yang diberikan-Nya kepadamu itu." (Ul. 8:10)

Tuhan memakai Musa untuk menyampaikan kepada umat Israel bahwa mereka harus mengingat kebaikan Tuhan, khususnya dalam peristiwa pembebasan dari tempat perbudakan di Mesir sampai menuju tanah yang dijanjikan. Dengan demikian, umat Israel dapat terus menikmati hubungan yang akrab dengan Tuhan dan taat kepada-Nya. Ketika umat melupakan semuanya itu, mereka pun dengan mudah melupakan Tuhan dan beribadah kepada dewa-dewi asing. Melupakan Tuhan akan mengantar mereka kepada ketidaktaatan. Kehendak manusia akan menggantikan kehendak Tuhan.

Padang gurun menjadi tempat belajar bagi umat Israel untuk menyadari bahwa mereka harus bergantung sepenuhnya kepada Tuhan. Kerasnya hidup di padang gurun mestinya membuat umat tidak melupakan kebaikan Tuhan yang telah memberi mereka makan dan keselamatan. Di tanah yang dijanjikan, umat akan memperoleh makanan yang melimpah. Namun, godaan juga akan muncul. Bisa jadi, mereka akan menganggap semua itu adalah hasil usaha sendiri. Oleh karena itu, mereka diingatkan: "Dan engkau akan makan dan akan kenyang, maka engkau akan memuji TUHAN, Allahmu, karena negeri yang baik yang diberikan-Nya kepadamu itu."

Kita pun harus mengingat kebaikan Tuhan dalam kehidupan ini. Jika saat ini kita dapat menikmati hidup, dapat menikmati makanan dan kenyang, itu merupakan kebaikan Tuhan kepada kita. Karena itu, mari kita memuji-muji Tuhan.

 


 Doa:

Tuhan, terima kasih atas semua kebaikan-Mu. Amin.

 

Mzm. 78:1-8, 17-29; Ul. 8:1-10; Rm. 1:8-15

Latest ARTICLE