04 August 2018 / Renungan Harian

Mengingat Perbuatan Tuhan


media
Mengingat Perbuatan Tuhan
Keluaran 13:3-10
 
Pada hari itu haruslah kauberitahukan kepada anakmu laki-laki: Ibadah ini adalah karena mengingat apa yang dibuat TUHAN kepadaku pada waktu aku keluar dari Mesir.” (Kel. 13:8)
Bung Karno pernah berkata, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa pahlawannya.” Kalimat yang diucapkan Bung Karno dalam pidato peringatan Hari Pahlawan 10 November 1961 ini tentu saja bermaksud mengingatkan bahwa kita tidak boleh lupa kepada para pahlawan yang telah berjuang bahkan mati demi sebuah kehidupan yang lebih baik di Indonesia. Mengingat jasa mereka membuat kita lebih bersyukur dan mau memperjuangkan kehidupan Indonesia yang lebih baik.
Bangsa Israel merayakan Hari Raya Roti Tidak Beragi untuk mengingatkan mereka pada hari ketika mereka keluar dari rumah perbudakan Mesir (Kel. 13:3). Pada perayaan ini, umat Israel memakan roti yang tidak beragi selama tujuh hari dan segala yang beragi dijauhkan dari daerah mereka. Pada perayaan ini pula orang tua wajib menceritakan kepada anak-anak mereka bahwa ibadah ini dilakukan untuk mengingat pertolongan dan perbuatan Tuhan yang telah membebaskan mereka. Anak-anak diajarkan untuk menyadari bahwa bukan karena kehebatan dan kekuatan orang tua mereka tetapi pertolongan Tuhan semata yang melepaskan mereka dari perbudakan di tanah Mesir.
Sejenak menengok ke belakang dan melihat pertolongan Tuhan dalam hidup kita memampukan kita untuk lebih bersyukur dan menghargai hidup yang diberikan Tuhan kepada kita sampai hari ini.
DOA:
Tuhan, ajar aku untuk terus mengingat kebaikan-Mu di dalam setiap langkah hidupku. Amin!
 
Mzm. 78:23-29; Kel. 13:3-10; Mat. 16:5-12

Latest ARTICLE