22 April 2017 / Renungan Harian

Move On


media

Move On

Yohanes 20:11-20

"Aku telah melihat Tuhan!" (Yoh. 20:18)

"Move on!" merupakan istilah populer di kalangan kaum muda. Istilah itu mengungkapkan ajakan untuk beranjak atau berubah ke hal yang lebih baik.

Rasa kehilangan dan kekecewaan acap kali membuat kita sulit untuk beranjak. Kita terkungkung olehnya sehingga kita tidak bisa melihat masa depan yang lebih baik. Maria merasakan kehilangan yang amat dalam atas kepergian Gurunya. Perasaan itu membuatnya tidak mengenali Yesus. Ia mengira bahwa yang dijumpainya di kubur kosong itu adalah seorang penunggu. Kesedihan telah menguasai mata hatinya. Namun, Yesus tidak membiarkan Maria larut dalam kesedihannya. Ia menjumpai Maria, lalu menghibur dan menguatkannya. Bahkan, Yesus memberinya tugas untuk menyampaikan kabar baik kepada para murid lainnya. Gambaran lain yang serupa kita dapati ketika para murid mengunci diri dalam rumah karena takut (ay. 19). Ketakutan telah menguasai mereka dan membuat mereka tidak mampu berbuat apa-apa. Yesus tidak membiarkan mereka berada terus-menerus dalam ketakutan. Ia hadir menjumpai mereka dengan membawa damai sejahtera dan sukacita ke tengah-tengah mereka.

Maria dan para murid berjumpa dengan Tuhan. Perjumpaan itu menjadikan mereka mampu untuk beranjak dari rasa takut dan kehilangan. Mereka bersukacita karena melihat Tuhan. Bagaimana dengan kita? Sudahkah perjumpaan kita dengan Tuhan mengubah kita dan menjadikan kita bersukacita?

 


Doa:

Tuhan, kami mau menjadi pewarta sukacita kebangkitan-Mu, sertailah kami. Amin.

 

Mzm. 16; Kid. 8:6-7; Yoh. 20:11-20

Latest ARTICLE