04 October 2017 / Renungan Harian

Nethink


media

Nethink

Matius 9:1-8

"Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu?" (Mat. 9:4)

Menemukan keburukan orang lain lebih mudah daripada menemukan kebaikannya. Hal itu hampir pasti terjadi untuk orang yang kita tidak suka. Coba Anda uji hal itu jika nanti berjumpa dengan orang yang Anda tidak suka. Manakah yang lebih mudah terpikirkan dalam benak Anda: hal-hal baik atau hal-hal buruk tentang orang tersebut?

Demikianlah pikiran yang muncul dalam benak para ahli Taurat ketika melihat Tuhan Yesus menyembuhkan seorang lumpuh. Mereka sudah terlanjur mencap Tuhan Yesus sebagai musuh mereka. Akibat negative thinking (nethink), perbuatan yang seharusnya dinilai baik tetap terlihat buruk di mata mereka.

Betapa sering kita terjbak pada kesalahan serupa itu. Perasaan tidak suka, merasa tersaingi, rasa curiga, dan lain sebagainya dapat dengan mudah membuat kita menjadi nethink kepada orang lain. Kita menjadi pribadi yang tidak objektif dalam menilai orang lain karena pikiran negatif tersebut.

Kita harus berusaha keras untuk melawan kecenderungan berburuk sangka. Jika Anda berjumpa dengan orang yang Anda tidak suka dan mulai terlintas pikiran-pikiran negatif tentang mereka, berusahalah untuk menemukan hal-hal baik yang ada pada diri mereka! Sekecil apa pun itu, berusahalah untuk menemukannya. Mari kita mulai menghilangkan kebiasaan untuk berpikir negatif!

 


Doa:

Tuhan, mampukan kami untuk melihat hal-hal baik pada diri orang lain. Amin.

 

Mzm. 28; Hak. 16:23-31; Flp. 1:15-21

Latest ARTICLE