17 August 2017 / Renungan Harian

Nyanyian Kemenangan


media

Nyanyian Kemenangan

Wahyu 15:1-4

"Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!" (Why. 15:3)

Ketika kita terlepas dari kesulitan besar, pasti kita merasa lega dan bersyukur. Kelegaan dan syukur itu lalu kita wujudkan dalam berbagai macam bentuk dan ungkapan, termasuk dalam nyanyian.

Nyanyian di Wahyu 15 ini merujuk pada Nyanyian Musa di Keluaran 15 atau Ulangan 32. Nyanyian tersebut merupakan nyanyian kemenangan. Pada masanya, Musa bersyukur dan merayakan kemenangan atas Firaun, raja Mesir. Sementara itu, konteks kitab Wahyu adalah mensyukuri dan merayakan kemenangan atas godaan dan kesusahan besar sebagai murid-murid Kristus. Kristus, Sang Anak Domba, telah memberikan kemenangan itu. Karena itu, nyanyian itu juga disebut Nyanyian Anak Domba.

Nyanyian tersebut mengingatkan kita kembali tentang sifat Allah yang adil dan benar. Sebagai wujud nyata kasih dan kuasa-Nya, Allah menghukum dan memulihkan umat yang berdosa. Dalam segala karya-Nya, Allah selalu mengingat umat-Nya. Karena itu, umat menyatakan syukur dengan mengumandangkan nyanyian kemenangan kepada Allah, Raja Segala Bangsa. Kemenangan itu bukan karena kekuatan dan kehebatan umat, melainkan karena kebesaran dan keajaiban Allah Yang Mahakuasa. Sebagai bangsa Indonesia, kita juga patut bersyukur atas kemenangan yang diberikan Allah ketika kita merayakan HUT ke-72 Republik Indonesia. Dirgahayu Republik Indonesia!

 


Doa:

Tuhan, besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu! Adil dan benar segala jalan-Mu!  Amin.

 

Mzm. 67; Yes. 45:20-25; Why. 15:1-4

Latest ARTICLE