15 August 2017 / Renungan Harian

Nyanyian Syukur


media

Nyanyian Syukur

Mazmur 18:2-20

Ia menyelamatkan aku, karena Ia berkenan kepadaku. (Mzm. 18:20)

Bersyukur merupakan hal penting di dalam kehidupan setiap orang. Dengan bersyukur, kita akan mampu menghargai banyak hal, misalnya, karya Tuhan Sang Pemberi Berkat, orang lain yang dipakai Tuhan untuk berjuang bersama kita, dan pengalaman yang disediakan Tuhan bagi kita.

Mazmur 18 berisi nyanyian syukur yang melukiskan bagaimana Daud diselamatkan Tuhan dari berbagai ancaman, misalnya, topan, gempa bumi, maupun para musuh termasuk Raja Saul. Daud mengalami berbagai macam kesesakan hidup, tetapi kemudian Tuhan menjadikannya raja yang dikaruniai kemenangan yang gilang-gemilang. Semua itu karena Tuhan berkenan kepada Daud.

Pada masa itu, Mazmur 18 tampaknya dinyanyikan orang Israel dalam perayaan Paskah di hari ke-7. Tuhan diakui sebagai sumber kekuatan dan keselamatan. Hanya Tuhan yang mampu membebaskan umat-Nya dari ketertindasan. Ia akan menguatkan dan menyelamatkan umat-Nya asalkan mereka mau mengindahkan hukum yang ditentukan Tuhan dan hidup berkenan kepada-Nya.

Pada saat ini kita juga patut bersyukur kepada Tuhan atas kekuatan dan keselamatan yang telah dikaruniakan kepada kita. Kita pun patut menjadikan kehidupan kita sebagai nyanyian syukur kepada-Nya. Karena itu, kita harus mengindahkan hukum-hukum-Nya dan hidup berkenan kepada-Nya.

 


Doa:

Tuhan, kami bersyukur atas segala berkat dan keselamatan yang Engkau karuniakan kepada kami. Amin.

 

Mzm. 18:2-20; Kej. 19:1-29; Rm. 9:14-29

Latest ARTICLE