30 October 2017 / Renungan Harian

Obrolan Keluarga


media

Obrolan Keluarga

Ulangan 6:1-9

"Apa yang kuperintahkan kepadamu... haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun." (Ul. 6:6-7)

Obrolan apa yang biasa terjadi di keluarga Anda? Menyedihkan sekali, sekarang ini jarang tercipta obrolan yang sungguh-sungguh akrab di keluarga. Kesibukan pekerjaan yang menyita waktu, tugas-tugas sekolah yang menumpuk, berbagai kegiatan sosial dan gereja yang membuat kita tidak berada di rumah, semua itu membuat anggota keluarga makin jarang duduk bersama. Bahkan, jika duduk bersama, semuanya asyik dengan gawai di tangannya masing-masing.

Ulangan 6 berisi Shema Yisrael (Dengarlah, hai Israel). Di dalamnya, terdapat rangkaian ketetapan dan perintah Tuhan yang paling prinsip bagi kehidupan umat Israel, yang akan menjalani hidup baru mereka di tanah perjanjian. Salah satu perintah mendasar adalah kewajiban untuk menanamkan nilai-nilai iman kepada anak-anak mereka.

Ulangan 6:7 menekankan bahwa pendidikan iman paling utama terjadi melalui perjumpaan orang tua dengan anak-anak mereka, melalui percakapan sehari-hari: saat duduk, berbaring, bangun, bahkan saat dalam perjalanan. Maksudnya, setiap kesempatan percakapan adalah momen terjalinnya relasi keluarga yang menjadi sarana paling baik untuk menanamkan nilai-nilai kebenaran.

Bagaimana dengan pola komunikasi dalam keluarga kita? Ini saatnya untuk membiasakan diri memberikan waktu, meletakkan gawai, dan mulai mengobrol.

 


Doa:

Tuhan, kami ingin memberikan waktu khusus untuk mengobrol dengan keluarga kami. Amin.

 

Mzm. 119:41-48; Ul. 6:1-9, 20-25; Yak. 2:8-13

Latest ARTICLE