08 August 2017 / Renungan Harian

Panen Pertama


media

Panen Pertama

Ulangan 26:1-15

"...maka haruslah engkau membawa hasil pertama dari bumi yang telah kaukumpulkan dari tanahmu yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu..." (Ul. 26:2)

Bersyukur merupakan hal penting dalam hidup kita. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk bersyukur kepada Tuhan. Salah satu caranya adalah membawa hasil pertama dari jerih lelah kita.

Sebelum memasuki Kanaan, umat Israel diingatkan Tuhan untuk bersyukur. "Apabila engkau telah masuk ke negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu, dan engkau telah mendudukinya dan diam di sana, maka haruslah engkau membawa hasil pertama dari bumi yang telah kaukumpulkan dari tanahmu yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, dan haruslah engkau menaruhnya dalam bakul, kemudian pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana" (Ul. 26:1-2).

Persembahan dari hasil panen pertama juga menandakan bahwa segala jerih lelah, kesuburan tanah, dan hasil panen itu disadari sebagai pemberian Tuhan. Dersyukur dengan membawa hasil panen pertama adalah suatu pengakuan percaya bahwa Tuhan telah memberi masa depan.

Itulah yang perlu kita pahami. Mempersembahkan hasil panen pertama merupakan bentuk pengakuan percaya kita kepada Tuhan. Hasil panen pertama sering kali menentukan hasil panen selanjutnya. Jika Tuhan memberkati panen pertama, kita pun berharap bahwa Tuhan juga menyediakan masa depan yang baik untuk kita.

 


 Doa:

Tuhan, terima kasih untuk berkat-berkat-Mu. Mampukan kami untuk selalu bersyukur kepada-Mu. Amin.

 

Mzm. 78:1-8, 17-29; Ul. 26:1-15; Kis. 2:37-47

Latest ARTICLE