09 March 2018 / Renungan Harian

Pemenuhan Janji


media

Pemenuhan Janji
Efesus 1:7-14

Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan …. (Ef. 1:11)

Sejarah berjalan dinamis. Perubahan terus terjadi. Adakah yang tidak berubah di tengah arus perubahan sejarah yang berlangsung dinamis? Janji Allah. Allah tidak hanya membuat pelangi di langit sebagai tanda dan bukti perjanjian-Nya, tetapi Ia juga berkenan hadir dan menyejarah di bumi.

Yesus Kristus adalah penyataan Allah. Di dalam Yesus, Allah memenuhi janji-Nya untuk menegakkan kehidupan di tengah semesta ciptaan-Nya. Relasi yang rusak akibat perbuatan dosa manusia diperbarui oleh Allah melalui pengurbanan Yesus Kristus. Darah-Nya memeteraikan manusia dan segala sesuatu ke dalam ikatan perjanjian untuk hidup dalam relasi yang baik dan utuh bersama Allah. Karena itu, Paulus berkata bahwa di dalam Yesus, surga dan bumi dipersatukan dan diperdamaikan dan ia bersama dengan orang percaya mendapat bagian dalam anugerah perjanjian dari Allah Kehidupan. Janji keselamatan Allah telah dipenuhi di dalam Yesus Kristus.

Dengan iman, kita yang hidup di masa kini pun terhitung ke dalam janji keselamatan di dalam Yesus Kristus. Sejarah akan terus berjalan dinamis. Perubahan akan tetap berlangsung. Namun, janji Allah itu tidak berubah. Kristus telah memenuhinya untuk kita. Karena itu, kita perlu melangkah dengan memegang teguh iman kepada Allah di dalam Yesus Kristus. Iman inilah yang menjadi dasar kehidupan yang kokoh, tempat kita berpijak.


 

REFLEKSI:

Iman kepada Allah di dalam Kristus bagaikan batu pijakan yang dengannya kita dapat melangkah melewati lumpur kehidupan.

Mzm. 107:1-3, 17-22; Dan. 12:5-13; Ef. 1:7-14

Latest ARTICLE