08 May 2017 / Renungan Harian

Pemimpin yang Baik


media

Pemimpin yang Baik

1 Petrus 5:1-5

Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu. (1Ptr. 5:3)

Tuhan memberi kepercayaan kepada setiap orang untuk mempimpin orang lain, baik itu dalam keluarga, gereja, tempat kerja, maupun masyarakat. Entah kita sadar entah tidak, kita mempunyai tugas sebagai pemimpin. Namun, kadang ada orang yang salah dalam memahami arti kata "pemimpin". Pemimpin sering dipahami sebagai orang yang berkuasa, yang berhak mengatur orang yang dipimpin, yang harus selalu dilayani terlebih dahulu, dihormati, diutamakan, dan sebagainya. Berbeda dari pengertian itu, Alkitab memberikan perspektif lain tentang sosok pemimpin.

Rasul Paulus mengatakan, "Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu." (ay. 2-3). Menurut Petrus, memimpin berarti melayani orang yang dipimpin demi kebaikan mereka sehingga mereka dapat bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berkenan kepada Tuhan.

Apa yang dilakukan pemimpin seharusnya bukan demi dirinya atau sesuai dengan keinginannya semata-mata, melainkan sesuai dengan kehendak Allah, sang pemilik orang-orang yang dipimpinnya.

 


Refleksi:

Memimpin berarti memberi teladan, melayani, dan mengabdi demi kebaikan orang-orang yang dipimpinnya.

 

Mzm.100; Yeh. 34:17-23; 1Ptr. 5:1-5

Latest ARTICLE