30 August 2018 / Renungan Harian

Pencobaan


media

Pencobaan
Yakobus 1:1-8

Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan.” (Yak. 1:2)

Hari ini saya kembali melintasi jalur Tol Cipali yang sepi. Langit mendung dan butiran-butiran gerimis mulai menetes. Perjalanan jadi terasa lebih nyaman karena udara tidak sepanas sebelumnya. Tetapi tiba-tiba hujan turun dengan deras, rasa nyaman berganti was-was karena jalan di depan menjadi tidak jelas. Apalagi diikuti tiupan angin dari sisi kiri yang membuat mobil seperti dihempas. Saya sangat berharap langit cerah diterangi cahaya matahari. Dan tampak di kejauhan langit cerah. Saya segera memacu kendaraan agar bisa keluar dari guyuran hujan dan sampai pada bagian yang cerah. Dalam hati saya bersyukur karena telah sampai pada bagian yang cerah. Tetapi ternyata itu tidak berlangsung lama, hujan seperti mengikuti dan tidak rela membiarkan saya bersyukur.

Sambil terus menyetir saya merenung hal yang sederhana tentang perjalanan kehidupan manusia yang bisa jadi seperti perjalanan saya di Tol Cipali ini. Perjalanan kehidupan bisa berubah secara tiba-tiba dan mengalami berbagai pencobaan. Tanpa masalah menjadi penuh masalah.

Yakobus mengajak kita untuk berpikiran positif bahkan berbahagia saat mengalami berbagai pencobaan. Bagi Yakobus pencobaan dapat menjadi ujian iman yang membuat kita semakin bertekun hingga akhirnya kita matang dalam iman dan menjadi sempurna. Saat pencobaan terjadi teruslah berjalan bersama Yesus menuju kesempurnaan.


DOA:
Ya Tuhan, jika pencobaan menghadang di depanku, ajar aku untuk menyadari bahwa Engkau sedang membentuk hidupku. Amin!

Mzm. 15; Kel. 32:1-14; Yak. 1:1-8

Latest ARTICLE