29 May 2017 / Renungan Harian

Penderitaan Menuju Kemenangan


media

Penderitaan Menuju Kemenangan

1 Petrus 4:1-6

Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian... (1Ptr. 4:1)

Untuk bisa berhenti merokok atau memakai narkoba, pertama-tama orang mesti punya niat yang sungguh. Selanjutnya, ia mesti berjuang untuk menahan diri mengatasi rasa kecanduan atau sakau yang disebabkan oleh zat adiktif yang selama itu dikonsumsinya. Memang berhenti merokok atau memakai narkoba bukan sesuatu yang mudah, tetapi pasti bisa dilakukan. Banyak orang yang sudah berhasil melakukannya.

Gambaran di atas sama seperti yang disampaikan oleh Rasul Petrus ketika ia berbicara tentang bagaimana orang dapat berhenti berbuat dosa. Ia mengatakan bahwa barangsiapa telah menderita penderitaan badani, maka ia telah berhenti berbuat dosa. Artinya, bahwa untuk bisa berhenti berbuat dosa, maka mesti ada niat yang kuat disertai latihan badani untuk lepas dari keinginan atau nafsu semula. Hal itu perlu terus dikuatkan dan dilatih terus-menerus meski kadang harus merasakan derita karena melawan dorongan-dorongan yang  ada dan selalu muncul dalam diri kita sendiri maupun godaan yang datang dari luar.

Supaya umat hidup berkemenangan, Rasul Petrus mengajak mereka untuk mempunyai pikiran yang terpusat pada Kristus, yaitu terpusat pada teladan Kristus dan berharap pada pertolongan-Nya. Kristus juga pernah mengalami penderitaan badani dan menang atas semuanya itu. Karena itu, Ia akan mampu merasakan apa yang kita rasakan dan ia akan menolong kita agar kita juga memperoleh kemenangan.

 


Refleksi:

Penderitaan menuju kemenangan bukanlah penderitaan yang sia-sia

 

Mzm. 99; Im. 9:1-11, 22-24; 1Ptr. 4:1-6

Latest ARTICLE