14 June 2017 / Renungan Harian

Pengajar Sejati


media

Pengajar Sejati

Yohanes 14:25-26

"...tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu." (Yoh.14:26)

Kita mengucap syukur untuk orang-orang yang telah mengajar kita. Ibu dan ayah adalah guru pertama di dunia ini. Guru TK dan SD mengajari kita membaca dan menulis. Guru di jenjang sekolah lanjutan mengajari kita pelajaran sekolah yang lebih rumit. Guru Sekolah Minggu dengan setia mengajar kita untuk menjadi anak Allah yang baik. Pendeta mengajar kita di gereja. Kerabat, tetangga, dan teman mengajar kita arti kehidupan.

Selain itu, ada pengajar sejati dalam kehidupan ini, yaitu Roh Kudus. Tuhan Yesus berjanji kepada para murid, "Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu." Apa yang diajarkan Roh Kudus? Ia mengajarkan hidup baru dalam kuasa firman Tuhan. Ia adalah Roh Kebenaran, maka hidup umat akan senantiasa berada di jalan kebenaran-Nya. Demikian juga, Ia mengajarkan tentang kasih, yaitu: kasih Allah yang mencipta dunia ini, dan kasih Roh Kudus yang menolong dan menghibur umat-Nya. Roh juga mengajar umat agar hidup dalam kasih.

Sang Pengajar Sejati yang hadir di hati itu akan menuntun hidup kita seturut sabda-Nya. Sang pengajar Sejati itu akan membawa hidup kita ke cinta kasih sejati.

 


Doa:

Terima kasih, Tuhan, untuk Sang Pengajar Sejati yang Engkau berikan. Amin

 

Mzm. 29; Ayb. 39:29-38; Yoh.14:25-26

Latest ARTICLE