04 June 2017 / Renungan Harian

Pengutusan


media

Pengutusan

Yohanes 20:19-23

Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu." (Yoh. 20:21)

Bila kita diutus oleh orangtua kita, apa yang harus kita bawa? Tentu jawabannya beragam. Bila kita harus ke tempat yang jauh, tentu kita harus membawa bekal berupa uang, makanan, atau bekal lainnya. Bila tugas itu banyak, bisa jadi kita membawa catatan agar tidak lupa. Namun, yang pasti, kita membawa semangat pengutusan dari orangtua kita sehingga kita bisa melakukan tugas itu. Doa dan restu orangtua menyertai perjalanan kita. Nah, tugas pengutusan bagi kita ternyata juga diberikan oleh Tuhan Yesus.

Berawal dari Bapa yang mengutus Tuhan Yesus, demikian pula Tuhan Yesus mengutus kita. Ia bersabda, "...Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu". Sebagai pihak yang menerima karya keselamatan Tuhan, murid-murid Tuhan diutus untuk bersaksi kepada dunia. Para murid yang menerima pengutusan itu diperlengkapi dengan Roh Kudus. Dalam kuasa Roh Kudus, para murid dimampukan: "Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada" (ay. 23).

Sebagai murid Tuhan Yesus, kita juga menerima tugas pengutusan dari Tuhan Yesus. Kita dipanggil untuk menjadi saksi-Nya. Dengan pertolongan Roh Kudus, mari kita menjalankan pengutusan itu sesuai dengan kehendak-Nya. Selamat hari Pentakosta!

 


Doa:

Tuhan, perlengkapi kami dengan Roh-Mu agar kami dapat mewujudkan tugas pengutusan-Mu. Amin

 

Kis. 2:1-21; Mzm. 104:24-34, 35b; 1Kor. 12:3b-13; Yoh. 20:19-23

Latest ARTICLE