12 September 2017 / Renungan Harian

Peraturan untuk Kebaikan


media

Peraturan untuk Kebaikan

Roma 13:1-7

Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya. (Rm. 13:3)

Peraturan lalu lintas dibuat untuk mengatur ketertiban lalu lintas di jalan raya. Peraturan lalu lintas yang dipatuhi akan membuat pengalaman berlalu lintas menjadi aman dan tertib, serta menghindarkan pengguna jalan dari kecelakaan. Peraturan lainnya juga untuk mengatur ketertiban hidup bersama seluruh warga negara. Semua untuk kebaikan bersama dan bukan untuk kepentingan sekelompok orang.

Allah tidak pernah melarang umat-Nya untuk patuh dan taat pada pemerintah. Justru dikatakan bahwa pemerintah itu berasal dari Allah untuk mengatur ketertiban di dalam dunia ini. Oleh karen itu, penting bagi umat Tuhan untuk mematuhi aturan yang ada dan memberikan dukungan terhadap pemerintah yang ada sejauh pemerintah itu bertindak selaku hamba Allah. Tindakan selaku hamba Allah itu adalah tindakan yang mendatangkan kebaikan, kedamaian, dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Bila tidak, maka umat Tuhan harus menjadi umat yang kritis dan sanggup untuk menyuarakan suara kenabiannya agar pemerintah berhenti berlaku fasik dan jahat.

Pemerintah adalah hamba Allah. Dengan peraturan yang dibuatnya, pemerintah mengatur dan memerintah rakyat dalam hidup bersama menuju kehidupan yang penuh dengan damai dan sejahtera. Oleh karena itu, kita perlu patuh sekaligus kritis.

 


Refleksi:

Peraturan sosial yang baik adalah peraturan yang mengatur hidup bersama supaya tertib dan baik.

 

Mzm. 119:65-72; Ul. 17:2-13; Rm. 13:1-7

Latest ARTICLE