30 August 2017 / Renungan Harian

Perbuatan yang Baik


media

Perbuatan yang Baik

Matius 26:6-13

"Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku." (Mat. 26:10)

Di sekitar kita mungkin ada beberapa orang yang kita kenal karena keramahan dan kemurahan hatinya. Berjumpa dengan orang seperti itu pasti menyenangkan.

Dalam sebuah rumah yang tidak jauh dari Yerusalem, seorang perempuan datang kepada Tuhan Yesus dan menunjukkan keramahan, hormat, dan kemurahan hatinya. Ia mengurapi kepala Tuhan Yesus dengan minyak wangi yang mahal harganya. Hal tersebut membuat para murid terkejut. Mereka berpikir bahwa minyak semahal itu sebaiknya dijual dan uangnya diberikan kepada orang miskin saja.

Situasi itu dipakai Tuhan Yesus untuk memberi penjelasan kepada para murid tentang tindakan perempuan tersebut. Pertama, perempuan itu telah mengungkapkan imannya dengan melakukan suatu perbuatan baik (ay. 10-11). Kedua, pengurapan itu merupakan bagian dari persiapan untuk pemakaman Tuhan Yesus (ay. 12-13). Apa yang dilakukan perempuan itu sangat berbeda dengan rencana Yudas untuk menyerahkan Yesus (ay. 14-16). Injil Matius mengungkapkan bahwa motif Yudas adalah keserakahan (ay. 15).

Kisah itu mengingatkan kita untuk berani mengungkapkan iman dengan perbuatan baik kepada siapa saja. Sekalipun ada yang belum bisa mengerti maksud perbuatan baik kita, kita tidak perlu berkecil hati. Pada waktunya kelak mereka akan mengerti, yaitu ketika sabda Tuhan menyapa dan menerangi hati mereka.

 


Doa:

Tuhan, berkati setiap perbuatan baik yang kami lakukan untuk menjadi bagian dari karya-Mu bagi orang lain.  Amin.

 

Mzm. 18:2-4, 21-33; Yes. 28:14-22; Mat. 26:6-13

Latest ARTICLE