14 May 2017 / Renungan Harian

Percaya dan Melakukan


media

Percaya dan Melakukan

Yohanes 14:1-14

"Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan..." (Yoh. 14:12)

Hal yang memprihatinkan di Indonesia adalah semua orang mengaku beragama, beribadah di tempat ibadah, tetapi banyak sikap dan perbuatannya yang bertentangan dengan ajaran agama. Mengapa hal itu bisa terjadi? Apakah ada yang salah dengan agama?

Tentu agama tidak salah karena agama mengajarkan kebaikan. Yang salah adalah penafsiran orang tertentu atas Kitab Suci dan ajaran agamanya. Selain itu, orang juga sering kali berpikir bahwa yang dimaksud beriman hanyalah keyakinan di hati saja.

Dalam bacaan Alkitab hari ini, kita diingatkan bahwa percaya atau beriman berarti melakukan apa yang diimani. Tuhan Yesus berkata, "Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu" (ay. 12). Kata "juga" dalam ayat itu hendak mengatakan bahwa sebagai pengikut Kristus, kita mestinya meniru jalan hidup Yesus atau melakukan apa yang Yesus lakukan, termasuk karya-karya-Nya di tengah dunia. Semua itu bisa kita lakukan ketika kita sungguh percaya kepada-Nya dan mohon tuntunan-Nya. Yesus juga berkata, "...Apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan..." (ay. 13). Artinya, hal yang kita minta adalah hal yang terkait dengan pekerjaan Tuhan, bukan dengan keinginan daging kita.

 


Refleksi:

Percaya kepada Tuhan berarti melakukan kehendak-Nya dan meminta segala sesuatu dalam rangka melakukan kehendak-Nya itu.

 

Kis. 7:55-60; Mzm. 31:2-6, 16-17; 1Ptr. 2:2-10; Yoh. 14:1-14

Latest ARTICLE