16 December 2017 / Renungan Harian

Pergumulan Ada di Bawah Kaki Kita


media

Pergumulan Ada di Bawah Kaki Kita

Habakuk 3:13-19

...aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. (Hab. 3:18)

Nabi Habakuk harus menyampaikan dengan keras peringatan bagi umat Israel bahwa Babilonia akan memporakporandakan mereka. Keadaan kacau balau itu digambarkan oleh Habakuk sebagai berikut: pohon ara tidak akan berbunga, pohon anggur tidak akan berbuah, hasil pohon zaitun akan mengecewakan, ladang-ladang tidak akan menghasilkan bahan makanan, kambing domba akan terhalau dari kurungan, dan tidak akan ada lembu sapi dalam kandang (ay. 17).

Namun, sekalipun keadaan yang sangat buruk itu terjadi, Nabi Habakuk akan tetap memuji dan memuliakan Tuhan karena keyakinan bahwa Tuhan pasti menyelamatkan mereka. "aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku" (ay. 18). Habakuk yakin bahwa Tuhan akan memberikan kekuatan untuk menghadapi semua itu (ay. 19). Ia menggambarkan bahwa Tuhan akan memberikan kekuatan seperti kaki rusa. Habakuk membayangkan masa-masa berat itu seperti bukit yang menjulang tinggi yang harus dilampauinya. Rusa adalah hewan yang tangguh dan cekatan untuk menaklukkan kondisi bukit yang tinggi dan terjal seperti itu.

Pergumulan hidup kita pun terkadang bagaikan jalan berbukit dan bertebing terjal. Janganlah ragu menghadapinya! Tetaplah bersyukur dan memuji Tuhan! Jadikanlah Tuhan satu-satunya sumber kekuatan kita! Dengan demikian, semua masalah itu akan ada di bawah kaki kita.

 


Doa:

Tuhan, kami ingin menjadi orang yang menang sebelum bertanding, bukan yang kalah sebelum bertanding. Amin.

 

Mzm. 126; Hab. 3:13-19; Mat. 21:28-32

Latest ARTICLE