15 September 2018 / Renungan Harian

Pertentangan Mengenai Kuasa Yesus


media

Pertentangan Mengenai Kuasa Yesus
Matius 21:23-32

Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu?” (Mat. 21:23)

Baik dulu maupun sekarang, selalu saja ada orang-orang baik yang berjuang demi kebaikan, tetapi justru banyak musuhnya. Seringkali mereka dimusuhi bukan karena kebaikan yang dilakukan, melainkan karena identitas etnis, agama, kepentingan tertentu yang tidak terakomodasi, atau perasaan terancam karena takut segala kebobrokannya terbuka.

Kali ini, ketika Yesus sedang mengajar di Bait Allah, datanglah imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi dan bertanya, “Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu?” (Mat. 21:23). Setiap orang yang mendengar pengajaran dan melihat perbuatan Yesus pastilah tidak perlu berpikir panjang untuk mengatakan bahwa setiap pengajaran dan perbuatan Yesus berasal dari Allah. Melaluinya Yesus menyatakan rahmat Allah bagi orang-orang berdosa, serta keadilan Allah bagi orang-orang yang selama ini diperlakukan tidak manusiawi. Tetapi karena takut kehilangan pamor dan merasa otoritas keagamaan yang ada pada mereka dilangkahi oleh Yesus, maka para petinggi agama Yahudi mendatangi Yesus untuk menjebak Dia melalui sebuah pertanyaan yang terkesan mengada-ngada, “Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu?”

Mungkin ada di antara kita yang saat ini mengalami tekanan sebagaimana yang Yesus alami. Bagaimanapun, jangan menyerah, tetaplah mengerjakan kebaikan.


REFLEKSI:
Seorang yang benar tidak akan pernah takut kehilangan popularitas ketika ada orang lain yang mengerjakan lebih baik dari dirinya.

Mzm. 116:1-9; Yos. 6:22-27; Mat. 21:23-32

Latest ARTICLE