18 November 2017 / Renungan Harian

Roh Jahat


media

Roh Jahat

Matius 12:43-45

"Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya." (Mat. 12:43)

Suatu hari di sebuah sekolah teologi, seorang mahasiswa kerasukan roh jahat. Setelah didoakan, ia tampak normal kembali. Namun, esok harinya, ia kerasukan lagi.

Bacaan Alkitab hari ini menggambarkan 5 aktivitas roh jahat. Pertama, dia masuk ke dalam manusia. Kedua, dia keluar dari manusia. Ketiga, dia mengembara. Keempat, setelah mengembara, dia kembali ke tempat semula. Kelima, ia memanggil kawan-kawannya untuk tinggal bersama. Akibatnya, delapan roh jahat membuat keadaan orang itu lebih buruk dari sebelumnya (ay. 45). Gambaran ini mungkin bisa dipahami sebagai teguran terhadap orang Farisi dan ahli Taurat yang jahat. Mereka mencela dan merendahkan orang lain sambil meninggikan dirinya seakan-akan merekalah yang terbaik dari semua. Padahal, mereka lebih buruk dari orang lain. Bahkan, mereka pergi dan mengumpulkan massa untuk menentang Yesus dan para pengikut-Nya.

Urusan roh jahat tidak selalu urusan seseorang yang kerasukan roh jahat. Saat kita memiliki pikiran dan tindakan yang jahat, sesungguhnya kita sedang menentang Yesus. Bahkan, sama seperti aktivitas roh jahat, kita mungkin mengajak orang sebanyak-banyaknya untuk berpikir dan bertindak jahat. Nah, apakah kita mau menjadi bagian dari yang jahat ataukah kita mau berpihak kepada Yesus?

 


Refleksi:

Sebagai pengikut Kristus, kita seharusnya memikirkan dan melakukan apa yang dipikirkan dan dilakukan Kristus.

 

Mzm. 90:1-8[9-11] 12; Yeh. 7:10-27; Mat. 12:43-45

Latest ARTICLE