10 June 2017 / Renungan Harian

Sang Penolong


media

Sang Penolong

Yohanes 14:15-17

"Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran." (Yoh. 14:16-17)

Siapakah penolong dalam hidup kita? Tentunya ada banyak penolong yang bisa kita sebutkan. Ayah yang menolong kita belajar bersepeda. Ibu yang menolong kita saat mengerjakan PR. Guru yang mengajar kita membaca dan menulis. Dokter yang menolong kita di saat sakit.

Bagi para murid, Yesus adalah Tuhan, guru, kawan, dan penolong. Hidup bersama Tuhan Yesus penuh dengan damai sejahtera. Lalu, apa jadinya ketika Tuhan Yesus mengatakan bahwa Ia tidak akan lagi bersama mereka? Hati mereka hancur penuh kegalauan. Karena itu, Tuhan Yesus memberikan kelegaan dengan janji-Nya, ""Bapa... akan memberikan kepadamu seorang Penolong... supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran... Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu." Penolong bagi para murid telah disediakan. Penolong ini diberikan tidak hanya untuk 12 murid saja, tetapi bagi semua orang yang menjadi murid Tuhan Yesus. Roh Kudus, Roh Kebenaran, adalah Roh Penolong yang tinggal di hati orang percaya. Roh ini memberi penghiburan, kekuatan, dan tuntunan bagi manusia.

Betapa bahagianya kita karena kita memiliki banyak penolong di dalam kehidupan. Bahkan, penolong yang sejati, yaitu Roh Kudus, senantiasa menyertai hidup kita. Mari kita rayakan hidup kita, hidup baru dalam kuasa Roh Kudus!

 


Doa:

Terima kasih, Roh Kudus, Engkaulah penolong kami yang sejati. Amin

 

Mzm. 8; Ayb. 38:22-38; Yoh. 14:15-17

Latest ARTICLE