14 March 2018 / Renungan Harian

Sang Terang


media

Sang Terang
Yohanes 8:12-20

Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan di dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” (Yoh. 8:12)

“Lipstikmu lebih panjang dari bibirmu,” kata suami kepada istrinya yang tampak tergesa-gesa. Selain dikejar waktu, lampu di kamar mereka padam sehingga si istri tidak dapat berdandan dengan baik. Ruangan yang kurang terang membuat si istri tidak dapat melihat wajahnya dengan sempurna. Alhasil, garisan lipstiknya lebih panjang dari bibirnya.

Manusia membutuhkan terang dan Yesus adalah Terang itu. Yesus Kristus adalah jawaban Allah atas kegelapan. Siapa yang mengikuti Yesus akan mempunyai terang hidup. Artinya, orang yang mengikuti Yesus tahu ke mana akan melangkah karena jalan dan tujuan hidup mereka jelas. Mereka juga dapat mengenal diri mereka dengan jelas. Mereka dapat memperbaiki apa yang salah sebab kesalahan itu terlihat di dalam Terang dan mereka dapat mengoreksinya. Mereka yang berjalan dalam Terang akan mempunyai hari-hari yang bermakna. Itu bukan karena mereka sempurna, melainkan karena Sang Terang akan memandu mereka untuk belajar menjadi sempurna dengan memperbaiki kesalahan dan melakukan hal-hal yang baik dan bermakna.

Injil Yohanes mengajak kita untuk hidup dalam Kristus yang adalah Sang Terang. Kristus tidak hanya menunjukkan jalan hidup, tetapi Ia adalah jalan dan tujuan hidup itu sendiri. Dengan hidup di dalam Yesus, kita akan memperoleh Hidup. Kita ditolong-Nya melihat diri kita secara utuh. Alhasil, kita dapat memperbaiki kesalahan kita.


 

REFLEKSI:
Salah satu keindahan hidup di dalam Yesus adalah kita dapat melihat kekurangan kita dan ditolong untuk memperbaikinya.

Mzm. 107:1-16; Yes. 60:15-22; Yoh. 8:12-20

Latest ARTICLE