10 September 2018 / Renungan Harian

Semua Karena Iman


media

Semua Karena Iman
Ibrani 11:29-12:2

Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik. (Ibr. 11:39)

“Mengapa kamu hidup?”, “Apa tujuan hidupmu?” merupakan pertanyaan yang bagi sebagian besar orang sulit untuk dijawab. Ada yang menjalani hidup ala kadarnya tanpa tujuan yang jelas. Ada pula yang bertujuan mengejar harta dan takhta, serta berbagai kenikmatan yang mengiringinya. Ada pula yang sama sekali tidak tahu mengapa ia ada di dunia ini.

Selaku orang percaya, hidup yang kita jalani adalah hidup karena iman kepada Yesus Kristus. Beriman kepada Yesus Kristus berarti menaruh kepercayaan kepada penyertaan serta pemeliharaan-Nya yang sempurna atas hidup kita. Beriman kepada Yesus Kristus berarti melakukan apa yang diajarkan dan diperintahkan-Nya. Ibrani 11:29-40 mengisahkan tokoh-tokoh iman yang mengambil sikap, pilihan, keputusan, serta menjalaninya sampai tuntas karena mereka yakin bahwa Tuhan menyertai mereka. Sesungguhnya, mereka semua adalah orang-orang biasa. Bahkan, sebagian besar di antara mereka tidak beroleh apa yang dijanjikan sementara di dunia ini sampai ajal mereka tiba, sekalipun mereka memiliki kesaksian hidup yang amat baik (Ibr. 11:39). Namun, berapa banyak manusia yang hari ini protes kepada Tuhan ketika tidak mendapatkan apa yang diingininya?

Tujuan hidup orang percaya adalah Kristus sendiri yang memimpin kita dalam iman dan membawa iman kita kepada kesempurnaan (Ibr. 12:2). Tiada hidup yang lebih indah daripada hidup dalam tuntunan-Nya.


REFLEKSI:
Hidup dalam iman kerap ibarat berjalan dalam ketidakpastian di dunia ini, namun satu yang pasti, yakni tujuan akhir kita adalah Kristus.

Yes. 38:10-20; Yos. 6:1-21; Ibr. 11:29—12:2

Latest ARTICLE