12 November 2017 / Renungan Harian

Siap


media

Siap

Matius 25:1-13

"Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya." (Mat. 25:13)

Di jemaat kami, ada komunitas Gerakan Penanggulangan Bencana (GPB). GPB mengimbau agar kami menyimpan beberapa alat di manapun kami berada. Empat di antaranya: senter, kompas, kaca pembesar, dan pisau. Senter berguna saat tidak ada listrik. Kompas untuk menentukan arah. Kaca pembesar untuk membuat api. Pisau untuk memotong apa pun yang ada di sekitar kita. Apakah semua orang sudah memilikinya? Belum. Tidak semua orang sadar pentingnya berjaga-jaga sebelum terjadinya bencana.

Yesus menggunakan ilustrasi gadis yang bodoh dan gadis yang bijaksana untuk berbicara tentang kedatangan-Nya kembali. Sebagaimana pesta pernikahan di zaman itu, pengantin perempuan tidak akan pernah tahu kapan pengantin laki-laki akan menjemputnya. Tugas pengantin perempuan bersama para gadis pendampingnya adalah menunggu. Menyedihkan jika pengantin laki-laki datang di malam hari dan mereka tidak siap. Sebaliknya, mereka yang siap bisa ikut ke pesta pernikahan itu.

Kita tidak tahu kapan Tuhan Yesus datang kembali. Namun, kita tahu bahwa Dia menuntut kita untuk menyiapkan diri. Gadis bijak adalah orang percaya yang menyiapkan diri menjelang Tuhan Yesus datang kembali. Mereka menyiapkan diri dengan hidup sesuai dengan terang firman Tuhan. Kiranya kita juga siap menanti kedatangan Tuhan dengan memegang firman Tuhan dan melakukannya!

 


Refleksi:

Makanan kita adalah merenungkan dan melakukan firman Tuhan setiap hari.

 

Am. 5:18-24; Mzm. 70; 1Tes. 4:13-18; Mat. 25:1-13

Latest ARTICLE