03 September 2017 / Renungan Harian

Siapa Mau Ikut YESUS


media

Siapa Mau Ikut YESUS

Matius 16:21-28

"Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku." (Mat. 16:24) 

Untuk menjadi anggota sebuah perkumpulan atau organisasi, seseorang biasanya harus memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya, kesediaan untuk taat dan patuh pada aturan organisasi, kesediaan untuk membayar iuran keanggotaan, dan kesediaan untuk menjalankan program organisasi sebagai wujud keterlibatannya dengan organisasi tersebut. Bagaimana dengan menjadi pengikut Yesus? Apakah hanya baptisan dan ikrar pengakuan iman yang menjadi syarat pengikut Yesus atau adakah syarat lainnya?

Ketika Tuhan Yesus menyampaikan bahwa Ia akan mengalami penderitaan, bahkan sampai mati dibunuh, Tuhan Yesus langsung mendapat sanggahan dari Petrus. Untuk menanggapi sanggahan itu, Tuhan Yesus lantas mengajar para murid tentang adanya syarat dalam mengikuti diri-Nya. Syaratnya adalah mau memikul salib mereka masing-masing, yaitu penderitaan yang harus mereka tanggung karena nama Yesus atau karena beriman kepada-Nya.

Salib yang harus ditanggung itu bisa sangat berat. Salib itu bisa berupa penderitaan, penolakan, dan kesulitan yang mungkin didapat karena mengikut Yesus. Salib itu tidak membawa keadaan enak dan nyaman, tetapi itulah yang harus dijalani oleh setiap orang yang mau menjadi pengikut Yesus yang setia. Tuhan Yesus mau agar kita memikul salib kita masing-masing. Apakah Anda bersedia?

 


Refleksi:

Pikullah salib kita masing-masing dan ikutlah Dia!.

 

Yer. 15:15-21; Mzm. 26:1-8; Rm. 12:9-21; Mat. 16:21-28

Latest ARTICLE