12 February 2019 / Renungan Harian

Sudah Beres


media

Sudah Beres
1 Timotius 3:1-9

"… orang yang memelihara rahasia iman dalam hati nurani yang suci". (1Tim. 3:9)

Salah satu yang menonjol dalam Kitab Timotius adalah syarat menjadi pimpinan jemaat. Bagian yang kita baca hari ini adalah syarat-syarat penilik dan diaken. Setiap menjelang pemilihan penatua di Jemaat, perikop ini pasti menjadi salah satu acuannya. Isinya memang sempurna dan ideal bagi yang menuntut, namun sangat berat bagi yang menjalaninya. Penilik itu sejajar dengan penatua. Diaken adalah pelayan meja yang mengurus pelayanan diakonia.

Untungnya, syarat yang tidak “adil” ini tidak menghambat jalannya pemilihan penatua dan diaken. Kepemimpinan di Jemaat terus bergulir dari waktu ke waktu. Kalaupun ada yang menolak menjadi penatua atau diaken, alasannya bukan karena syarat tersebut, melainkan hal-hal lain yang justru tidak disyaratkan.

Firman Tuhan hari ini hendak mengatakan seorang pemimpin jemaat adalah seseorang yang telah beres dengan urusannya sendiri. Ia bukan seorang yang lebih suci atau saleh dibandingkan orang lain. Ia hanya seorang yang tidak lagi dipermasalahkan oleh egonya. Kalau beriman, ia tidak menyombongkan imannya. Kalau saleh, ia tidak pamer ayat-ayat kitab suci. Kalau murah hati, ia tidak menjadi tinggi hati. Kaya, tetapi tidak gila hormat. Miskin, tetapi tidak menjadikan dirinya terhina. Berkarakter. Kata lain orang beres adalah “menjaga rahasia iman dalam hati nurani.” Orang seperti inilah yang disebut beres sebagai pemimpin jemaat.


 

DOA:

Tuhan, pimpin setiap pemimpin gereja kami agar menjadi pemimpin Kristen yang baik. Amin.

Mzm. 115; 1Sam. 9:15—10:1b; 1Tim. 3:1-9

Latest ARTICLE