12 May 2017 / Renungan Harian

Sungguh Diperhatikan


media

Sungguh Diperhatikan

Keluaran 3:1-12

"Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka..." (Kel. 3:7)

Apa yang kita butuhkan ketika sedang dirundung derita? Tentu perhatian, kasih sayang, dan pertolongan sangatlah kita harapkan. Namun, sayangnya hal seperti itu tidak mudah didapat. Justru dalam situasi seperti itu, orang lain malah suka mencari-cari dan menuduh dosa atau salah kita yang kira-kira menjadi penyebab kita dirundung derita. Atau, bahkan penderitaan kita dijadikan gosip murahan yang berpotensi memperparah keadaan kita.

Di dunia semacam ini, memang tidak mudah bagi kita untuk menemukan sikap simpati, apalagi empati. Namun, firman Tuhan hari ini bisa menjadi penghiburan bagi kita. "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya..." (Kel. 3:7-8).

Allah peduli kepada umat-Nya. Ia sungguh memperhatikan keadaan kita, tahu apa yang kita rasakan, mau mendengar seruan-seruan kita, dan mau turun tangan untuk menolong kita. Tuhan punya waktu dan cara yang tepat untuk menolong kita, untuk mengubah dukacita menjadi sukacita.

 


Refleksi:

Tuhan tidak pernah berpaling dari umat-Nya karena kasih setia-Nya kekal untuk selama-lamanya.

 

Mzm. 31:2-6, 16-17; Kel. 3:1-12; Kis. 7:1-16

Latest ARTICLE