20 September 2017 / Renungan Harian

Syarat Doa


media

Syarat Doa

Markus 11:20-25

"Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu." (Mrk. 11:25)

Tentunya kita sering merasa bahwa doa-doa kita tidak dijawab oleh Tuhan. Mungkin saat itu kita lupa bahwa jawaban doa tentunya sesuai dengan kehendak Tuhan saja. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui kehendak Tuhan pada umumnya dan kehendak Tuhan dalam hal khusus, misalnya, dalam hal doa. Doa yang bagaimana yang sesuai dengan kehendak-Nya? Apa "syarat" doa yang harus diperhatikan orang percaya?

Kepada para murid-Nya, Tuhan Yesus menegaskan agar dalam berdoa, mereka harus benar-benar percaya kepada Allah. Percaya bahwa apa yang didoakan kepada Allah telah dijawab oleh-Nya. Percaya bahwa mereka sudah menerimanya. Selain itu, para murid juga diingatkan bahwa bilamana mereka berdoa, mereka harus terlebih dahulu mengampuni orang yang telah bersalah kepada mereka. Bila hal itu mereka lakukan, maka dosa-dosa mereka pun akan diampuni, dan doa-doa mereka akan didengar dan dijawab Tuhan seturut dengan kasih karunia-Nya.

Sebagai orang percaya, tentu kita berdoa kepada Tuhan. Syarat doa yang harus dipenuhi adalah percaya sungguh kepada Allah yang sanggup untuk memberikan kepada kita sesuai dengan kasih-Nya dan bahwa kita terlebih dahulu mengampuni orang yang mungkin telah bersalah kepada kita. Jika doa-doa kita tidak dijawab Tuhan, mungkin karena kita gagal dalam memberikan maaf dan ampunan kepada orang lain.

 


Refleksi:

Ampuni sesama kita, maka kita akan diampuni, dan doa kita akan dijawab seturut dengan kemurahan Tuhan.

 

Mzm. 133; Kej. 50:22-26; Mrk. 11:20-25

Latest ARTICLE