25 August 2017 / Renungan Harian

Syukur Atas Pertolongan TUHAN


media

Syukur Atas Pertolongan TUHAN

Mazmur 138

Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hatiku, di hadapan para allah aku akan bermazmur bagi-Mu. (Mzm. 138:1)

Bersyukur merupakan hal penting dalam kehidupan kita. Setiap orang yang mampu bersyukur akan dapat menikmati kehidupannya. Oleh karena itu, mari kita belajar bersyukur dari sang Pemazmur.

Mazmur 138 merupakan mazmur pertama dari kumpulan Mazmur Daud yang terakhir (Mzm. 138-145). Kumpulan itu dibuka dan ditutup dengan Mazmur yang bernada syukur dan pujian. Mazmur 138 dibuka dengan keinginan Pemazmur untuk bersyukur kepada Tuhan "dengan segenap hati" (ay.1). Ia bersyukur karena Tuhan telah membuktikan kasih setia-Nya dengan mendengarkan doanya pada waktu kesesakan dan memberikan kekuatan baru kepada-Nya (ay. 3).

Pengalaman diperhatikan oleh Tuhan membuat Pemazmur kagum. Hal itu membuatnya mampu menatap masa depan dengan penuh keyakinan bahwa kasih setia Tuhan akan menyelamatkannya. Karena itu, ia juga memohon agar kasih setia Tuhan ada padanya selama-lamanya (ay. 8).

Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita bersyukur dengan segenap hati kepada Tuhan? Jika sudah, mari kita menikmati kehidupan anugerah Tuhan. Jika belum, mari kita melakukannya supaya kita dapat menikmati kehidupan kita. Bukankah Tuhan sudah memberikan berbagai berkat dan pertolongan di dalam kehidupan kita? Mari kita menatap hari depan dengan rasa syukur sebab kasih setia Tuhan ada dalam kehidupan kita.

 


Doa:

Tuhan, dengan segenap hati, kami ingin bersyukur kepada-Mu, sebab kasih setia-Mu sungguh nyata di dalam kehidupan kami.  Amin.

 

Mzm. 138; Yeh. 31:15-18; 2Kor. 10:12-18

Latest ARTICLE