18 August 2017 / Renungan Harian

Syukur karena Berkat Allah


media

Syukur karena Berkat Allah

Mazmur 67

Allah memberkati kita; kiranya segala ujung bumi takut akan Dia! (Mzm. 67:8)

Tuhan memberikan berkat-Nya kepada setiap orang dalam bentuk dan jumlah yang berbeda. Demikian pula, cara orang merespon berkat Tuhan juga berbeda satu sama lain. Ada yang mudah bersyukur atas berkat yang diterimanya, tetapi ada juga yang sulit bersyukur.

Mazmur 67 berisi ungkapan syukur umat Israel atas hasil panen mereka. Namun, hal yang disyukuri mereka bukan hanya kelimpahan pangan saja, melainkan jauh lebih mendasar dan prinsip, yaitu bahwa mereka memiliki Allah yang memerintah dengan adil dan berdaulat atas umat-Nya dan atas seluruh bumi.

Melalui Mazmur ini, kita belajar untuk tidak menjadi umat yang berpusat hanya pada diri sendiri, yang hanya melihat berkat Tuhan seputar kebutuhan hidup sehari-hari atau jaminan masa depan pribadi. Berkat Tuhan dihadirkan kepada kita dan melalui kita untuk orang lain. Berkat Tuhan lebih luas dari sekadar panen yang melimpah. Berkat Tuhan nyata juga saat orang-orang di "ujung bumi" dapat menikmati hidup layak dan saat mereka menerima perlakuan adil dari sesama. Berkat Than menjadi nyata saat orang menemukan Tuhan dan menyatakan hormat kepada-Nya. Bila dengan tekun kita mensyukuri berkat-berkat Tuhan, maka kita pun telah memberikan kesaksian yang baik bagi orang-orang di sekitar kehidupan kita. "Allah memberkati kita; kiranya segala ujung bumi takut akan Dia!"

 


Doa:

Tuhan, terima kasih untuk berkat-berkat-Mu kepada kami semua. Kiranya segala ujung bumi takut akan Engkau!  Amin.

 

Mzm. 67; Yes. 45:20-25; Why. 15:1-4

Latest ARTICLE