13 October 2017 / Renungan Harian

Takut Setan


media

Takut Setan

Yakobus 4:4-10

Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! (Yak. 4:7)

"Dalam nama Yesus/ Dalam nama Yesus/ Ada kemenangan/ Dalam nama Yesus/ Dalam nama Yesus/ Iblis dikalahkan". Saya selalu menyanyikan lagu itu ketika mobil ayah melintas di kawasan pekuburan pada malam hari. Sebagai anak SD, hati saya berjuang keras antara takut setan dan percaya bahwa Tuhan Yesus menjaga saya. Lagu itu juga menolong saya untuk memberanikan diri tidur sendiri di kamar ketika saya beranjak besar.

Memang hal-hal demikian adalah bagian dari masa kanak-kanak yang terdengar lucu dan lugu. Namun, pengalaman tersebut mengajarkan saya satu hal: kita tidak akan pernah mengalahkan rasa takut jika kita tidak memberanikan diri menghadapinya bersama Tuhan.

Sekalipun tidak masuk akal, nyatanya masih banyak orang dewasa yang hidup dalam ketakutan terhadap cerita-cerita "setan". Ada yang masih takut berada dalam ruangan gelap, pergi ke kamar mandi seorang diri, berjalan di dekat kuburan, dan sebagainya. Mungkin sebagian dari mereka percaya pernah menjadi korban ditakut-takuti dengan cerita seram oleh orang yang serumah dengan mereka. Sebagian lagi mungkin pernah mengalami sendiri pengalaman tidak menyenangkan yang membekas dalam ingatan mereka. Namun, semua itu bukanlah alasan untuk tidak melawan rasa takut dan mulai memberanikan diri bersama Tuhan. "Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu" (ay.8). Pilih mana: takut akan Tuhan atau takut setan?

 


Doa:

Tuhan, tolong kami untuk menjadi berani karena Engkau selalu bersama kami. Amin.

 

Mzm. 23; Yes. 22:8b-14; Yak. 4:4-10

Latest ARTICLE