13 August 2017 / Renungan Harian

Tenanglah Jangan Takut


media

Tenanglah! Jangan Takut!

Matius 14:22-33

"Tenanglah! Aku ini, jangan takut!" (Mat. 14:27)

Dalam situasi tertentu, kita kadang mengalami kepanikan dan sulit untuk menjadi tenang. Padahal, ketenangan dibutuhkan supaya kita dapat melihat dengan jelas, berpikir lebih jernih, dan mengambil keputusan dengan tepat.

Tuhan Yesus berkata kepada para murid yang sedang panik dan takut, "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!" Kehadiran dan kata-kata Tuhan memberi ketenangan, mengubah, dan mengatasi keadaan. Sekalipun kehadiran-Nya mengejutkan, Ia hadir bukan sebagai hantu, melainkan sebagai Tuhan yang hidup dan bersedia menolong murid-murid-Nya. Untuk itu dibutuhkan ketenangan, jangan takut, dan iman percaya bahwa Ia berkuasa atas alam dan kehidupan.

Kisah di dalam Injil Matius 14 itu adalah kisah yang patut kita hayati. Kita juga diundang untuk mengalami pengalaman bersama dengan Tuhan. Sekalipun sungguh tidak kita harapkan, tetapi kadang kehidupan kita bisa tiba-tiba berubah dari tenang menjadi seperti diombang-ambingkan oleh angin sakal. Kepanikan dan ketakutan justru akan memperburuk situasi. Untuk mengatasinya, kita membutuhkan ketenangan. Ketenangan adalah berkat Tuhan. Kehadiran Tuhan di dalam doa kita akan mendatangkan ketenangan. Berhubung kehadiran Tuhan memberi ketenangan dan perubahan, demikian pula kehadiran kita juga diharapkan memberi ketenangan dan perubahan dalam kehidupan keluarga dan sesama kita.

 


Doa:

Tuhan, terima kasih untuk kehadiran-Mu yang memberikan ketenangan dan perubahan. Amin.

 

1Raj. 19:9-18; Mzm. 85:9-14; Rm. 10:5-15; Mat. 14:22-33

Latest ARTICLE