19 May 2017 / Renungan Harian

Terlanjur


media

Terlanjur ?

Kisah Para Rasul 27:13-38

"Saudara-saudara, jika sekiranya nasihatku dituruti... kita pasti terpelihara dari kesukaran dan kerugian ini!
Tetapi sekarang... aku menasihatkan kamu, supaya kamu tetap bertabah hati..." (Kis. 27:21-22)

Apa yang kita rasakan ketika sudah terlanjur masuk dalam kesulitan dan situasi yang tidak mudah, padahal sebelumnya kita sudah diberi peringatan atau nasihat agar tidak melakukannya? Kita pasti merasa kecewa, apalagi tidak ada lagi yang bisa dilakukan untuk keluar dari kesulitan itu. Lalu, apa yang harus kita lakukan?

Dalam bacaan Alkitab hari ini, Rasul Paulus mengajak orang banyak di kapal itu untuk menghadapi situasi yang tidak bisa dihindarkan itu dengan tetap tabah dan menjalani semuanya sebaik mungkin. Mereka sudah beberapa hari lamanya tidak makan karena angin kencang dan gelombang mengguncang-guncang kapal mereka. Mereka terombang-ambing di lautan dalam ketidakpastian. Rasul Paulus juga mengingatkan mereka bahwa seandainya mereka mau mendengarkan sarannya sebelumnya, maka kecelakaan kapal seperti itu tentu tidak terjadi.

Namun, Rasul Paulus tidak terus menerus menyalahkan mereka atas kesalahan tersebut. Ia mengajak mereka untuk menghadapi masalah yang ada di depan mata. Bagi Paulus, sekalipun sudah terlanjur, kita harus tetap melakukan apa yang masih bisa dilakukan dengan tetap berharap pada pertolongan Tuhan. Melalui nasihatnya, Paulus juga mengajak orang-orang tersebut untuk mau belajar mendengar dan mempertimbangkan saran orang lain.

 


Refleksi:

Meski situasi sulit, tetaplah tabah, lanjutkan perjuangan sampai pada akhir tujuan, dan belajarlah dari proses yang ada.

 

Mzm. 66:8-20; Kej. 7:1-24; Kis. 27:13-38

Latest ARTICLE