26 April 2018 / Renungan Harian

Tetap Membawa Sukacita


media

Tetap Membawa Sukacita
Kisah Para Rasul 8:1b-8

Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil. (Kis. 8:4)

Pengungsi adalah orang yang pergi meninggalkan suatu tempat untuk menghindarkan diri dari bahaya, bencana atau musibah, yang disebabkan oleh alam atau oleh ulah manusia. Para pengungsi biasanya ditempatkan di suatu tempat penampungan. Mereka akan diurus dan ditolong oleh pemerintah setempat. Namun, tidak tertutup kemungkinan para relawan juga datang untuk memberi bantuan.

Ketika terjadi penganiayaan hebat terhadap umat Tuhan di Yerusalem, maka mereka semua, kecuali para rasul, pergi meninggalkan kota Yerusalem untuk menghindarkan diri dari bahaya yang mengancam. Mereka tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria. Mereka menjadi pengungsi, tetapi mereka tidak berdiam di tempat-tempat penampungan. Mereka tidak diurus atau dibantu baik oleh pemerintah setempat maupun oleh para relawan. Mereka pergi menjelajah seluruh daerah sambil memberitakan Injil.

Umat Tuhan yang tersebar sebagai pengungsi itu tidak memandang diri mereka sebagai korban yang harus dikasihani, dihibur, dan ditolong. Di tempat-tempat yang mereka datangi, mereka memberitakan tentang Kristus dan kasih-Nya. Mereka mengusir roh jahat dari orang yang kerasukan dan menyembuhkan banyak orang sakit. Mereka memang pengungsi yang sedang menghindar dari bahaya penganiayaan. Namun, karena Injil yang mereka beritakan, kehadiran mereka malah membawa sukacita besar.



DOA:
Tuhan, tolonglah kami agar tetap membawa sukacita besar melalui kehadiran kami di mana pun kami berada. Amin.

Mzm. 22:26-32; Am. 8:1-7; Kis. 8:1b-8

Latest ARTICLE