03 May 2017 / Renungan Harian

Tetap Mencoba


media

Tetap Mencoba

Yohanes 21:1-14

"Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh." Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan." (Yoh. 21:6)

Apa yang biasanya dilakukan orang ketika gagal melakukan sesuatu setelah berjuang siang malam? Biasanya mereka akan kecewa, menggerutu, dan enggan mencoba lagi. Bahkan, mereka bisa marah ketika orang lain mengatakan "coba lagi!"

Tujuh murid Tuhan Yesus semalaman mencari ikan tetapi tidak menangkap apa-apa. Kelanjutannya menarik untuk disimak. "Ketika hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai; akan tetapi murid-murid itu tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. Kata Yesus kepada mereka: "Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?" Jawab mereka: "Tidak ada." Maka kata Yesus kepada mereka: "Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh." Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan." (ay. 4-6). Ketika ada orang menyuruh para murid menebarkan jala, mereka tidak menggerutu mungkin karena orang itu menyapa mereka dengan sebutan "anak-anak" - sebuah sebutan kasih dari orang yang lebih tua, yang peduli dan pantas dihargai. Mereka mau mencoba lagi menebarkan jala. Meski mereka telah gagal semalaman, mereka mau tetap mencoba meski apa yang dicoba itu tidak ada hal yang istimewa yang bisa menjamin mereka mendapat ikan.

Gagal itu biasa. Karena itu, jangan berhenti mencoba! Kegagalan bisa menjadi awal kesuksesan. Tuhan akan hadir dan menolong kita dalam kegagalan kita.

 


Refleksi:

Jangan berhenti mencoba untuk meraih yang terbaik karena Tuhan tidak akan tinggal diam melihat jerih lelah kita.

 

Mzm. 134; Kel. 24:1-11; Yoh. 21:1-14

Latest ARTICLE