20 December 2017 / Renungan Harian

Tetaplah Setia


media

Tetaplah Setia!

Maleakhi 3:16 4:6

Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu. (Mal. 4:5)

Dalam kitab Maleakhi, akhir zaman dipahami sebagai masa ketika Tuhan akan menghakimi bumi. Segala sesuatu tidak akan terluput dari penghakiman Tuhan. Karena itu, manusia harus bertobat dan berbalik kepada Tuhan.

Elia merupakan nabi yang berkarya di masa lalu, namun karyanya tetap abadi di hati umat. Elia pun dipercayai akan datang menjelang masa penghakiman itu. Mengapa Elia? Mungkin karena teladan imannya kepada Tuhan.

Di dalam kehebatannya, Elia tetaplah orang biasa yang lemah dan rapuh. Misalnya, ketika ia mengalami pergumulan berat karena Izebel mengancam nyawanya, Elia pun goyah dan melarikan diri. Bahkan, ia ingin pergi dari hadapan Tuhan. Namun, Tuhan menjumpainya dan ia pun memantapkan langkahnya di jalan Tuhan. Elia yang semula melangkah menjauhkan diri dari Tuhan kemudian berbalik dan menyatakan kesetiaannya.

Tuhan juga ingin agar umat Israel mengalami perjumpaan dengan-Nya. Jangan sampai mereka dihukum oleh Tuhan seperti nabi-nabi Baal yang dikalahkan Elia di Gunung Karmel atau seperti Ahab yang berpaling dari Tuhan dan mengikut istrinya, Izebel.

Nabi Elia memberikan teladan kepada kita untuk tetap percaya kepada Tuhan melampaui segala ketakutan dan kekhawatiran kita. Sikap iman itu yang kita butuhkan sampai Tuhan Yesus datang kembali pada akhir zaman.

 


Doa:

Tuhan Yesus, apa pun pergumulan kami, kami ingin tetap setia kepada-Mu sampai Engkau datang kembali. Amin.

 

Mzm. 125; Mal. 3:16 - 4:6; Mrk. 9:9-13

Latest ARTICLE