10 April 2018 / Renungan Harian

Tidak Dapat Dibatasi


media

Tidak Dapat Dibatasi
Mazmur 135

Sesungguhnya aku tahu, bahwa TUHAN itu maha besar dan Tuhan kita itu melebihi segala allah. (Mzm. 135:5)

Seorang bapak bersama istrinya menemui saya. Mereka menyerahkan sebuah kayu salib yang panjangnya sekitar 30 cm dan meminta agar saya mengisi salib itu dengan “sesuatu.” Mereka ingin menggantung salib tersebut di dinding rumah mereka sebagai penjaga atau penangkal segala bala dan kuasa jahat. Mereka percaya pada kuasa Tuhan dan meminta agar kuasa itu dihadirkan dalam kayu salib yang mereka bawa.

Beberapa di antara kita kadang terperangkap dalam pemikiran yang sama seperti mereka. Lebih mudah bagi kita untuk menyadari kehadiran, kuasa, dan kebesaran Tuhan melalui apa yang bisa kita lihat dan pegang. Pemazmur dalam Mazmur 135 mengingatkan kita bahwa kebesaran Tuhan tidak dapat dibatasi dalam benda-benda buatan tangan manusia. Tuhan tidak sama seperti berhala bangsa-bangsa, buatan tangan manusia, yang memiliki mulut tetapi tidak dapat berkata-kata, memiliki telinga tetapi tidak bisa mendengar dan memiliki mata tetapi tidak bisa melihat.

Tidak demikian dengan Tuhan kita. Sekalipun tidak terlihat oleh kita, kebesaran dan kekuasaan Tuhan hadir melingkupi kita. Ia memerintah alam semesta dan semua tunduk kepada-Nya. Ia memilih umat kepunyaan-Nya dan bertindak untuk memelihara mereka dalam kasih sayang-Nya. Ia tidak berdiam dalam buatan tangan manusia karena kebesaran dan kekuasaan Tuhan jauh melampaui semua itu.



DOA:
Tuhan, tolong kami untuk menyadari bahwa kebesaran kuasa-Mu jauh melampaui semua yang dapat kami lihat dan rasakan. Amin.

Mzm. 135; Dan. 6:2-29; 1Yoh. 2:12-17

Latest ARTICLE