21 September 2018 / Renungan Harian

Tuhan Adalah Penolongku


media

Tuhan Adalah Penolongku
Mazmur 54

Sesungguhnya, Allah adalah penolongku; Tuhanlah yang menopang aku. (Mzm. 54:6)

Setiap orang tentu pernah mengalami situasi yang mengancam keberadaannya, entah itu karena sakit penyakit, bencana alam, dibenci orang lain, atau ada orang-orang yang berniat mencelakakannya. Dalam situasi macam itu orang beriman biasanya berdoa kepada Tuhan memohon pertolongan-Nya.

Mazmur 54 merupakan bagian dari nyanyian pengajaran Daud ketika orang Zifi datang mengatakan kepada Saul bahwa Daud bersembunyi kepada mereka (ay. 2). Saul yang tidak bisa berpikir sehat karena diliputi oleh iri hati kepada Daud berikhtiar membunuh Daud. Daud pun harus berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk menghindari Saul dan tentaranya. Dalam situasi demikian, Daud sukar membedakan lagi mana kawan dan mana lawan. Orang-orang Zifi yang seolah-olah nampak sebagai kawan karena bersedia dijadikan tempat persembunyian Daud, ternyata berkhianat dengan memberitahu Saul bahwa Daud bersembunyi pada mereka. Satu-satunya yang dapat dijadikan tempat berharap dan tempat pertolongan tiada lain adalah Tuhan sendiri. Dalam doanya Daud memohon kepada Tuhan agar memberikan keselamatan kepada dirinya karena nama Tuhan sendiri (ay. 3).

Tatkala kita menghadapi masalah dan nampaknya tidak ada jalan keluar, lihatlah ke atas. Berlutut dan berdoalah kepada Tuhan, sebab Dialah sumber pertolongan kita!


REFLEKSI:
Pertolongan kita adalah dari Tuhan, Pencipta langit dan bumi.

Mzm. 54; 1Raj. 22:24-40; Rm. 11:25-32

Latest ARTICLE