22 May 2017 / Renungan Harian

TUHAN Menolong


media

TUHAN Menolong

Kisah Para Rasul 27:39-44

Tetapi perwira itu ingin menyelamatkan Paulus. (Kis. 27:43)

 

Tugas setiap orang beriman adalah melakukan yang terbaik seturut kehendak Tuhan meskipun tantangan, bahaya, dan ancaman menghadang di depan. Orang beriman percaya bahwa dalam segala situasi, Tuhan pasti menolong anak-anak-Nya. Kisah yang diceritakan dalam bacaan Alkitab hari ini mengingatkan kita tentang hal itu.

Kapal yang ditumpangi Rasul Paulus bersama tahanan-tahanan lain pada akhirnya kandas. Haluannya terpancang tidak dapat bergerak dan buritan kapal hancur dipukul oleh gelombang yang hebat. Karena takut kalau-kalau para tahanan itu melarikan diri, para prajurit kemudian bermaksud membunuh mereka. Namun, Yulius perwira pasukan itu, ingin menyelamatkan Rasul Paulus sehingga ia menggagalkan rencana para prajurit. Perintahnya kepada seisi kapal dituruti sehingga semua tahanan selamat, termasuk Paulus. Ia tidak jadi dibunuh oleh para prajurit.

Dari kisah itu, kita bisa membayangkan betapa mengerikannya peristiwa yang terjadi pada saat itu. Kepanikan, kemarahan, dan kekacauan bergejolak memenuhi seisi kapal. Di tengah situasi itu, Tuhan berkenan memakai Yulius untuk mencari jalan keluar yang terbaik. Melalui peran Yulius, Paulus diselamatkan dari kematian. Tuhan berkenan memakai siapa saja untuk menolong dan menyelamatkan kita meskipun hal yang tampak di depan mata hanyalah kengerian belaka.

 


Refleksi:

Tuhan sanggup menolong dan menyelamatkan umat-Nya dengan berbagai cara.

 

Mzm. 93; Kej. 9:8-17; Kis. 27:39-44

Latest ARTICLE