27 June 2018 / Renungan Harian

Tuhan Siap Menolong


media
Tuhan Siap Menolong
Markus 6:45-52
 
Tetapi segera Ia berkata kepada mereka: “Tenanglah! Aku ini, jangan takut!” (Mrk. 6:50)
Bila kita mengikut Tuhan, itu bukan berarti hidup kita bebas dari masalah. Kita tetap akan mengalami masalah, bahkan kadang begitu gawatnya sampai-sampai kita takut dan khawatir. Namun, bila ketakutan dan kekhawatiran itu mengalahkan percaya kita kepada Tuhan, itu artinya kita mulai meragukan kasih dan pertolongan Tuhan.
Setelah Tuhan Yesus memberi makan 5.000 orang lebih, Ia menyuruh murid-murid-Nya naik perahu dan berangkat lebih dulu ke seberang, ke Betsaida. Ia juga menyuruh orang banyak pulang. Kemudian Tuhan Yesus pergi ke bukit untuk berdoa. Ketika sudah malam dan para murid sampai di tengah danau, mereka menghadapi angin sakal atau angin yang berlawanan dengan arah perahu. Para murid bersusah payah mendayung perahu itu. Mereka panik dan takut. Melihat hal itu, Tuhan Yesus berjalan di atas air mendatangi mereka. Para murid mulanya mengira yang datang itu hantu, tetapi sebenarnya Tuhan Yesus yang menghampiri dan siap menolong mereka. Ia berkata, “Tenanglah! Aku ini, jangan takut!”
Kita pun dapat menghadapi situasi yang gawat menakutkan karena masalah yang menimpa kita, keluarga, gereja, atau masyarakat kita. Di saat kita menghadapi masalah-masalah itu, bagaimana sikap kita? Sebagaimana Tuhan Yesus mampu menguasai angin sakal, demikian juga Ia mampu menguasai situasi gawat dalam hidup kita. Masalahnya, apakah kita mau percaya dan berserah kepada Tuhan Yesus?

DOA:
Tuhan, ajar kami untuk berserah total kepada-Mu dalam situasi apa pun. Amin.
 
Mzm. 65; Yos. 10:1-14; Mrk. 6:45-52

Latest ARTICLE