01 March 2018 / Renungan Harian

Yang Dibuang Yang Dihormati


media

Yang Dibuang Yang Dihormati


1 Petrus 2:4-10

"Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah." (1Ptr. 2:4)

Terbuang atau tersisih adalah pengalaman buruk yang ingin dihindari banyak orang. Alasannya, saat seseorang tersisih, ia akan merasa kehilangan martabat atau kehormatan dirinya. Kehormatan diri adalah hal yang paling diingini orang, terlebih dalam dunia dewasa ini. Namun, tahukah Anda bahwa Yesus Kristus sendiri adalah sosok yang terbuang?

Dalam bacaan Alkitab hari ini, Yesus diumpamakan sebagai batu yang dibuang oleh manusia. Sosok Yesus dipandang tidak bernilai. Ia tidak dibutuhkan oleh dunia. Terbuangnya Yesus ini mungkin karena manusia hanya melihat Yesus sebagai sosok yang terlahir dalam keluarga sederhana. Namun, bisa juga Ia ditolak karena pengajaran dan teladan hidup-Nya begitu berbeda dengan nilai-nilai yang ditawarkan dunia. Yang menarik, batu yang dibuang oleh manusia itu justru yang dipilih Allah. Yesus mendapat penghargaan dan penghormatan di mata Allah sebab Ia setia kepada Allah, Bapa-Nya. Yesus rela menanggung segala risiko demi mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah di dunia.

Keberanian menerapkan nilai-nilai Kerajaan Allah, seperti: kasih, kebenaran, dan keadilan, bisa jadi akan membuat kita terbuang dalam pergaulan atau pun dalam pekerjaan. Terbuang itu memang sebuah pengalaman buruk, tetapi lebih buruk lagi jika kita berkompromi dengan kejahatan. Hendaklah diingat, bahwa orang yang dibuang karena kebenaran justru orang yang dihormati Allah.


 

REFLEKSI:

Tantangan dan ancaman menyediakan kesempatan untuk kita bersaksi akan Kristus melalui teladan hidup sehari-hari.

Mzm. 19; Kel. 19:1-9a; 1Ptr. 2:4-10

Latest ARTICLE