06 April 2017 / Renungan Harian

Yang Penting Isinya


media

Yang Penting Isinya

1 Samuel 16:11-13

"Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia." (1Sam.16:12)

Don`t judge a book by its cover - "jangan menilai buku dari sampulnya". Untuk mengetahui dan menilai sebuah buku, kita memang harus membaca isi buku itu. Sama halnya ketika menilai orang, penampilan luarnya tidak selalu menggambarkan "isi" yang dimiliki orang itu.

Daud adalah anak bungsu Isai. Jika dibandingkan dengan Eliab, Daud tidak memiliki perawakan yang tinggi seperti kakaknya itu. Daud digambarkan kemerah-merahan, memiliki mata indah, dan elok parasnya (ay.12). Pekerjaannya menggembalakan kambing domba milik ayahnya.  Siapa yang menyangka bahwa Daud-lah yang dipilih Allah menjadi menjadi pengganti Raja Saul? Samuel pun semula berpikir bahwa Eliab-lah yang pantas. Namun, Allah memiliki pandangan lain. Manusia melihat apa yang namak di depan mata, tetapi Allah melihat apa yang tidak tampak, yaitu hati (ay.7). Pemilihan Daud menjadi raja menegaskan bahwa ukuran yang dipakai manusia ketika menilai sesamanya berbeda dengan ukuran Allah. Allah memiliki penilaian yang melampaui pemikiran manusia. Bagi Allah, Daud adalah sosok yang tepat menggantikan posisi Saul sebagai raja di Israel.

Apa yang ada di dalam diri seseorang, yaitu hati, itulah yang dilihat Allah. Allah akan memakai orang yang hatinya terbuka dan mau mengikuti kehendak-Nya untuk membawa keselamatan bagi banyak orang.

 

Doa:

Tuhan, tiliklah hati kami dan selidikilah apakah kami sungguh mengasihi-Mu. Amin.

 

Mzm. 31:10-17; 1Sam. 16:11-13; Flp. 1:1-11

Latest ARTICLE