05 November 2017 / Renungan Harian

Yang Terbesar Yang Melayani


media

Yang Terbesar Yang Melayani

Matius 23:1-12

"Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu." (Mat. 23:11)

Agustinus lahir tahun 354. Ia adalah salah satu tokoh terpenting dalam perkembangan Kekristenan Barat. Ratusan tulisan dan khotbah Agustinus dibaca dan menggerakkan hati banyak orang Kristen di seluruh dunia. Agustinus menghabiskan waktu hidupnya dengan melayani Tuhan di Hippo, Afrika. Ia mendirikan rumah sakit pertama di Afrika Utara dan melayani orang-orang miskin di sana. Agustinus disebut tokoh penting karena ia melayani bagian dunia yang dianggap tidak penting, yaitu mereka yang sakit dan menderita.

Pemimpin Yahudi bukanlah contoh pemimpin yang melayani. Itu sebabnya Yesus mengajak para pengikut-Nya untuk mengikuti ajaran ahli Taurat dan orang Farisi tetapi tidak mengikuti perbuatannya. Ahli Taurat dan orang Farisi rupanya lebih suka berbuat baik demi mendapatan pujian dari banyak orang. Sedangkan, Yesus mengajarkan bahwa yang terbesar adalah mereka yang melayani dan merendahkan diri.

Di tengah dunia yang menawarkan banyak model kepemimpinan, mana yang seharusnya kita ikuti? Yesus mengajarkan dan memberi teladan "kepemimpinan yang melayani". Salah satu prinsip kepemimpinan yang melayani adalah kerendahan hati. Rendah hati berarti tidak menempatkan diri lebih penting atau lebih berharga dari orang lain. Rendah hati berarti bersandar pada Tuhan sebagai pemimpin dalam setiap langkah kita.

 


Refleksi:

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang terlebih dahulu menjadi pelayan yang baik (Robert Greenleaf).

 

Mi. 3:5-12; Mzm. 43; 1 Tes. 2:9-13; Mat. 23:1-12

Latest ARTICLE