13 May 2017 / Renungan Harian

YESUS Sudah Ada Sebelum Abraham


media

YESUS Sudah Ada Sebelum Abraham

Yohanes 8:48-59

Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada." (Yoh. 8:58)

Di dalam Injilnya, Yohanes sering menulis tentang identitas Yesus, Salah satunya ada di dalam perikop yang kita baca hari ini. Pemahaman tentang siapa Yesus dalam kaitannya dengan dogma Trinitas memang bukanlah hal yang mudah dipahami. Namun, kita bisa mencoba untuk belajar memahaminya dalam terang kasih karunia Tuhan.

Ketika membaca perikop ini, terutama ayat 58, kita mungkin teringat pada Yohanes 1:1-3. "Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan." Ayat-ayat itu menguatkan apa yang tertulis dalam Yohanes 8:58. Yesus memang sudah ada sebelum Abraham. Ia bahkan sejak semula bersama-sama dengan Allah dan Ia sendiri adalah Allah. Hanya saja, saat itu Ia belum berinkarnasi menjadi manusia. Di dalam Yesuslah, Allah berkenan turun ke dalam dunia menjadi sama dengan manusia.

Pemahaman seperti itu sulit diterima oleh banyak orang pada saat itu karena mereka tidak berasal dari Allah. Hati mereka tidak dikuasai oleh hikmat Allah. Mereka membiarkan hati mereka dikuasai oleh dogma dari nenek moyang yang selama ini mereka pegang. Mereka menutup hati dari kasih karunia Allah. Bagaimanakah dengan kita? Bukalah hati kita untuk kasih karunia Allah!

 


Refleksi:

Mengenal Yesus dan memahami hubungan-Nya dengan Allah adalah kasih karunia.

 

Mzm. 31:2-6, 16-17; Yer. 26:20-24; Yoh.8:48-59

Latest ARTICLE